Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka bebas untuk meng-upgrade ke Windows 10 dari Windows 7 atau Windows 8.1, dan banyak pengguna menikmati Windows 10 benar sekarang. Sebagai Solid State Drive (SSD) telah tersedia selama bertahun-tahun, Microsoft telah melakukan banyak pekerjaan untuk membuat Windows 10 berjalan cepat dengan SSD. Jika Anda hanya mentransfer sistem operasi (OS) ke SSD tanpa pengoptimalan SSD di Windows 10, Anda mungkin tidak mendapatkan kinerja terbaik yang dapat diberikan SSD. Anda dapat mengikuti panduan pengoptimalan SSD untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik dengan SSD di Windows 10.Way 1. Pengontrol SATA berjalan dalam mode AHCI

Di sebagian besar motherboard, pengontrol SATA diatur ke mode AHCI (Advanced Host ControllerInterface), dengan bekerja lebih baik dengan SSD. Untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik, atur mode SATAcontroller ke AHCI di BIOS sistem Anda. Untuk mengubah mode SATA dari IDEto AHCI, Anda harus melakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Tekan tombol WIN+R dan ketik “msconfig” lalu tekan Enter.

2. Di bawah tab Boot, periksa Boot aman, terapkan perubahan dan reboot mode insafe komputer Anda.

3. Tekan tombol tertentu (kebanyakan F2 atau DEL) untuk boot ke pengaturan BIOS (jika Anda tidak dapat masuk ke BIOS, menonaktifkan Quick Start dan mencoba kembali), dan mengubah mode SATA Anda dari IDEto AHCI. Kemudian simpan pengaturan untuk keluar dan reboot.

4. Windows akan boot dalam mode aman kali ini. Jalankan “msconfig” lagi, dan hapus centang tab Boot opsi Safeboot di bawah dan mulai ulang komputer Anda.

Cara 2. Tinggalkan beberapa ruang kosong

Untuk memperpanjang umur, sebagian besar SSD menggunakan algoritma yang seimbang. SSD akan mati jika Anda mengisinya. Untuk meningkatkan kinerja, Anda sebaiknya tidak memformat SSD thewhole tetapi meninggalkan ruang kosong pada SSD Anda dan meninggalkan 25 persen ruang kosong disk SSD untuk kinerja terbaik. Jalan 3. Jangan Defrag

READ :  Tips SSD, Trik &Memilih SSD yang Tepat

Seperti diketahui, defragmentasi disk tidak perlu SSD dan memiliki efek negatif. Tidak seperti di Windows 7, SSD tidak akan ditipu di Windows 10/8. Anda mungkin melihat bahwa Defrag mengatakan optimasi diperlukan, yang berbeda dari defragment. Windows akan mengirim perintah TRIM pada jadwal untuk melakukan pembersihan untuk menghapus blok yang tidak lagi digunakan. Hanya jika Anda menjalankan Pemeliharaan Otomatis secara manual di Pusat Tindakan, SSD Anda akan ditipu. Pemeliharaan Otomatis tidak akan berjalan defrag pada SSD Anda. Cara 4. Nonaktifkan Hibernasi

Mode hibernasi diatur secara default untuk memungkinkan hard drive disk memuat program alih-alih mem-boot sistem, tetapi menjadi tidak perlu untuk drive sistem SSD karena membutuhkan waktu beberapa detik untuk mem-boot sistem dari SSD. Oleh karena itu, Anda dapat menonaktifkan fungsiHibernate untuk membebaskan ruang pada drive SSD Anda. Namun, hiberfil.sysfile tidak akan dihapus jika Anda menggunakan pengaturan Windows untuk menonaktifkannya.

Untuk membebaskan lebih banyak ruang dengan menonaktifkan Hibernate:

Ketik perintah berikut: powercfg -h off dalam command prompt tinggi dan tekanEnterWay 5. Nonaktifkan Pengindeksan Disk

Pengindeksan adalah fitur bagus yang dirancang untuk menyediakan akses cepat ke file atau folder pada drive keras, tetapi menjadi sia-sia pada SSD. Disarankan untuk menonaktifkan diskindexing untuk mengurangi penulisan ke SSD.

Untuk mengoptimalkan SSD pada windows 10 dengan menonaktifkan pengindeksan disk:

1. Mengklik kanan pada drive tertentu di Komputer Ini, dan memilih Properti.

2.under Tab Umum, hapus centang”Izinkan file pada drive ini memiliki inaddition terindeks konten ke properti file untuk menonaktifkan pengindeksan disk.

Jalan 6. Nonaktifkan Superfetch

Untuk mengoptimalkan Windows 10 untuk digunakan dengan SSD, Anda dapat menonaktifkan Superfetch, yang menghabiskan banyak waktu membuka dan mengakses file beberapa kali.buka “services.msc” dan kemudian dapat menonaktifkan “Superfetch” di jendela pop-up. Cara 7. Menyesuaikan berkas halaman

READ :  Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet Tahan Lama

File Paging memiliki efek kontroversial tergantung pada berapa banyak RAM yang Anda miliki di komputer Anda. Anda dapat mengubah pengaturan file paging untuk menyeimbangkan kinerja dan ruang yang rusak.

1. Klik kanan pada Komputer Ini, dan pilih Properti.

2. Pilih “Pengaturan Sistem Lanjutan” lalu “Pengaturan” di bagian Kinerja.

4. Pilih tombol “Ubah” di bawah tab “Lanjutan”.

5. Di jendela pop-out, hapus centang opsi Kelola file paging secara otomatis, lalu pilih drive C: dari daftar.

6. Pilih “Custom Size” dan pertama-tama atur angka sebagai Ukuran Awal dan nomor lainnya untuk Ukuran Maksimum. Kemudian klik tombol “Set” sebelum mengklik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Jika Anda ingin menginstal Windows 10 ke SSD, saran pertama adalah melakukan instalasi baru karena beberapa pengoptimalan SSD Windows 10 telah dibuat secara default. Anda juga dapat memigrasikan OS ke SSD dengan freeware yang akan mengoptimalkan SSD secara otomatis.

By admin