Dipilih oleh Editor Techconnect

Tidak ada yang meremehkannya: Solid-state drive luar biasa. Jika Anda masih menggunakan hard drive mekanis di komputer Anda, peningkatan kecepatan nyata yang paling besar, Anda akan melihat dari upgrade ke solid-state drive (SSD). Solid-state drive akan mempercepat segala sesuatu yang membutuhkan akses disk, dari waktu boot dan peluncuran aplikasi ke layar beban dalam game. Upgrade ke SSD memberikan dorongan kecepatan yang lebih nyata daripada kartu grafis mahal saat melakukan banyak hal.

Tapi SSD bukanlah pengganti 1: 1 untuk hard drive mekanis, berkat beberapa kebiasaan unik. Untuk memanfaatkan satu, Anda harus mendapatkan kebiasaan baru dan menghentikan yang lain yang merupakan pemeliharaan hard disk drive standar. Baca terus untuk tips dan trik yang harus Anda ketahui untuk menempatkan kecepatan SSD rip-roaring itu untuk penggunaan terbaik. Rencanakan apa yang terjadi di mana

Direbus ke bawah, SSD adalah (biasanya) drive yang lebih cepat tetapi lebih kecil, sementara hard drive mekanis adalah drive yang lebih besar tetapi lebih lambat. SSD Anda harus menyimpan file sistem Windows Anda, program yang diinstal, dan game apa pun yang sedang Anda mainkan.

Jika Anda memiliki hard drive mekanis yang bermain wingman di PC Anda, itu harus menyimpan file media besar Anda, file produktivitas, dan file apa pun yang jarang Anda akses. Hard drive adalah lokasi yang ideal untuk perpustakaan MP3 Anda, folder Dokumen, dan semua file video yang telah Anda robek selama bertahun-tahun, karena mereka tidak benar-benar mendapat manfaat dari kecepatan menyilaukan SSD. Memindahkan program dan permainan

Anda mungkin ingin sebagian besar program Anda di SSD sehingga mereka akan memuat lickety-split, meskipun program besar yang jarang Anda gunakan sangat cocok untuk hard drive mekanis yang lebih lambat.

Saat menginstal program, memilih drive tujuan untuk itu mudah: Cukup pilih lokasi instalasi pada drive lain.

Menambahkan lokasi folder baru untuk instalasi game sangat sederhana di Steam—cukup buka Pengaturan Steam, pilih Unduhan, klik tombol Folder Perpustakaan Steam, dan tambahkan folder baru pada drive yang berbeda.

Memindahkan program setelah fakta seringkali lebih sulit. Beberapa program dapat dipindahkan dengan mudah — misalnya, Anda dapat memindahkan seluruh folder Steam Ke drive baru dan menjalankan file Steam.exe untuk meluncurkannya. Namun, sebagian besar program akan menampilkan kesalahan jika Anda mencoba menyeret dan menjatuhkan folder mereka ke lokasi baru. Anda harus menghapus instalasi dan menginstal ulang program ke lokasi baru, atau menggunakan tautan simbolis.

READ :  Apa itu SSD? Dan Tips Terbaik untuk Memilih Satu - RAVPower

Tautan simbolik (atau “symlinks”) akan memungkinkan Anda untuk memindahkan direktori sambil “menipu” Windows agar berpikir itu ada di lokasi aslinya. Trik semacam ini memungkinkan Anda untuk memindahkan program dan game yang diinstal tanpa banyak masalah. Katakanlah Anda memiliki permainan yang diinstal di C: \ Game. Anda bisa memindahkan folder game ke D:\Game dan membuat symlink yang mengarah dari C:\Game ke D:\Game. Setiap kali pintasan, entri registri, atau apa pun mencari C: \ Game, sistem akan secara transparan mengarahkannya ke D: \ Game. Symlink hanyalah penunjuk yang mengatakan “Hei, lihat di sana,” sehingga program tidak akan memakan ruang pada SSD Anda.

Membuat symlink dari folder “Contoh” pada C:\ drive ke D:\Contoh

Gunakan perintah mklink di jendela Command Prompt untuk membuat tautan simbolik. (Cari cmd.exe di alat Run Windows untuk memunculkan Command Prompt.) Jika Anda ingin membuat tautan di luar folder pengguna Anda, Anda harus membuka jendela Command Prompt sebagai Administrator. Untuk memindahkan C:\Contoh ke D:\Contoh, Anda akan memindahkan folder C:\Contoh ke D:\Contoh menggunakan Windows Explorer. Selanjutnya, Anda akan menjalankan perintah berikut: mklink /d C:\Contoh D:\ExampleArrange folder sistem Windows

Folder data pengguna utama Anda dapat dipindahkan dengan mudah. Untuk memindahkan folder Video dari kandar sistem utama, SSD, ke hard drive mekanis, cukup temukan folder Video—Anda akan menemukannya di folder pengguna Anda di C:\Users\NAME. Klik kanan dan pilih Properti, lalu buka tab Lokasi dan pilih lokasi baru untuk itu. Folder Video masih akan muncul di C:\Users\NAME\Videos dan menjadi bagian dari pustaka Video Anda, tetapi isinya akan disimpan di drive lain. Ini juga berfungsi untuk folder Musik, Gambar, Dokumen, dan Unduhan Anda.

Sementara memindahkan jenis folder lain dari hard drive ke SSD bisa menyakitkan, Windows membuat folder data pengguna yang bergerak menjadi sederhana. Cukup klik tombol Pindahkan di sini!

READ :  Enam Tips untuk Memilih HDD dan SSD Drive

Anda juga dapat memilih drive di mana Windows itu sendiri diinstal – Anda akan menginginkannya di SSD Anda untuk kinerja sistem secepat kilat. Jika Anda mengatur PC dari awal dan menginstal Windows sendiri, klik opsi Kustom di installer dan pilih SSD Anda sebagai tujuan. Jika Anda mendapatkan SSD nanti, Anda dapat memindahkan instalasi Windows Anda ke drive baru dengan program kloning drive, atau hanya menginstal ulang Windows (setelah mencadangkan semuanya, tentu saja). Jaga ruang tetap bebas

SSD melambat saat Anda mengisinya karena drive akan memiliki banyak blok yang terisi sebagian, yang lebih lambat untuk ditulis daripada blok kosong. Sangat menggoda untuk mengisi SSD sampai penuh, tetapi Anda harus meninggalkan ruang kosong di SSD Anda — rencanakan untuk menggunakan maksimum 75 persen dari kapasitas drive untuk kinerja terbaik.

CCleaner dapat membantu Anda menemukan dan memberantas sampah di SSD Anda, seperti file instalasi driver Nvidia dan cookie browser.

Dengan ruang di premium, Anda akan ingin secara teratur membebaskan ruang dan menghindari membuang-buang sel-sel memori flash berharga pada sampah. Misalnya, pembaruan driver grafis NVIDIA meninggalkan folder yang tidak perlu di bawah C: \ NVIDIA setelah Anda menginstalnya. Folder ini berisi file penginstal, yang hanya perlu Anda instal ulang atau perbaiki driver. Mereka mengambil hampir 500MB ruang yang dapat Anda gunakan dengan lebih baik.

Alat seperti CCleaner gratis dapat sangat membantu, memindai file sementara hard drive Anda dan menghapusnya untuk Anda. Sementara itu, WinDirStat adalah alat yang ideal untuk mencari tahu ke mana ruang penyimpanan Anda akan pergi. Kurangi menulis ke SSD Anda?

Memang benar: SSD hanya memiliki jumlah penulisan terbatas sebelum mereka mulai gagal. Ya, kedengarannya menakutkan, tetapi dalam praktiknya, jangan berkeringat.

Anda akan mendapatkan banyak, banyak, bertahun-tahun penggunaan normal dari SSD tanpa menabrak topi siklus tulisnya — terutama jika Anda menyimpan media dasar dan file produktivitas pada hard drive mekanis. Dan bahkan jika Anda tidak melakukan itu, Anda mungkin lebih mungkin untuk membeli perangkat keras baru jauh sebelum SSD Anda mengemasnya.

Anda dapat mencapai lebih sedikit penulisan dengan tidak menyimpan file sementara ke SSD Anda — misalnya, Anda dapat mengarahkan cache browser dan disk awal PhotoShop Ke hard drive mekanis — tetapi ini akan mengarah pada kinerja yang lebih lambat ketika sistem Anda perlu mengakses file-file ini. Anda mungkin lebih baik mengisapnya dan menerima jumlah tulisan yang lebih besar untuk peningkatan kinerja. Jangan menipu SSD Anda!

READ :  Cara Membeli SSD yang Tepat: Panduan untuk 2021

Anda tidak harus defragment SSD. Masa. Mengocok semua bit di sekitar pada SSD tidak akan meningkatkan kinerja seperti itu akan pada hard disk mekanik, tetapi akan menghasilkan banyak tulisan tambahan yang akan mengurangi umur drive.

Alat defragmentasi modern dan sistem operasi harus menolak untuk defragment solid-state drive. Namun, program defragmentasi lama mungkin tidak tahu perbedaannya dan mungkin dengan senang hati mendefragmentasi SSD. Jangan biarkan mereka! Biarkan TRIM berjalan liar

TRIM, bagaimanapun, sangat penting untuk menjaga SSD Anda dalam kondisi prima.

Saat menulis data, SSD hanya dapat menulis ke sektor kosong. Ini berarti jika SSD perlu memodifikasi sektor yang terisi, ia harus membacanya, mencatat isinya, memodifikasinya, menghapus sektor, dan menulis konten yang dimodifikasi. Jika kita ingin menimpa sektor, kita harus menghapus sektor ini dan menulis konten baru ke sektor yang sekarang kosong. Langkah-langkah tambahan membutuhkan waktu.

Sistem operasi biasanya hanya menghapus file dengan menandai datanya pada disk sebagai dihapus dan menghapus pointer untuk itu. Data file masih ada di disk, tetapi akan ditimpa hanya ketika sistem operasi membutuhkan ruang “kosong” untuk menulis file baru ke disk.

Perintah TRIM memberitahu SSD untuk menghapus dan mengkonsolidasikan sel-sel yang tidak lagi digunakan, sehingga menulis ke sektor-sektor di masa depan akan secepat ketika drive baru. Jika bukan karena TRIM, tulis akan memakan waktu lebih lama, dan kinerja SSD akan memburuk saat Anda mengisinya dan menghapus file darinya.

Untuk mengonfirmasi bahwa TRIM diaktifkan pada SSD WIndows 8.1 atau 10 PC Anda, buka command prompt dan ketik fsutil behavior query disabledeletenotify (tanpa tanda baca akhir). Jika Anda mendapatkan ‘DisableDeleteNotify = 0’ sebagai respons, Anda akan mengatur. Jika tidak, konfirmasikan bahwa driver SSD Anda up-to-date.

By admin