Solid state drive telah jatuh harga dalam beberapa bulan terakhir, yang merupakan berita bagus bagi kami yang menuntut pengguna PC.

Ada masalah: Windows tidak sepenuhnya dioptimalkan untuk mendapatkan yang terbaik dari SSD. Ada juga kekhawatiran yang tersisa tentang umur panjang perangkat penyimpanan jenis ini.

Kami mengatakan jangan menunda – manfaat memasang solid state drive jauh lebih besar daripada potensi kerugian. Untungnya, hal-hal negatif yang tersisa dapat disandarkan dengan mudah dengan beberapa tweak dan tips. Baca terus dan kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat solid state drive Anda mendengkur.

Salah satu kekhawatiran awal tentang penyimpanan solid state adalah bahwa hal itu tidak akan mampu menangani intensitas siklus baca / tulis yang sama dengan yang dikelola hard disk tradisional. Banyak tips untuk memperpanjang umur drive berpusat di sekitar mengurangi penulisan yang tidak perlu ke disk.

Hal-hal telah meningkat pesat sejak saat itu dan, sementara kekhawatiran ini masih dibenarkan secara luas, Anda harus menulis secara intensif ke disk selama bertahun-tahun sebelum Anda memakai SSD modern.

Namun, waktu penulisan masih sedikit lebih lambat daripada waktu baca untuk drive ini, sehingga secara teori mengurangi jumlah operasi penulisan ke SSD harus menghasilkan peningkatan kinerja. Memindahkan penyimpanan sementara atau folder kerja ke RAM dapat membantu, tetapi hindari hanya mentransfernya ke drive yang lebih lambat, jika tidak, Anda tidak akan melihat peningkatan apa pun.

Ini umumnya diaktifkan secara default, tetapi perlu memeriksa bahwa data yang ditulis ke drive di-cache dalam RAM-nya sebelum disimpan secara permanen. Ada sedikit risiko bahwa pemadaman listrik akan menghapus data yang disimpan sementara di RAM, tetapi ini hanya benar-benar masalah dengan drive eksternal yang tidak memiliki sumber daya mereka sendiri.

READ :  Tips SSD, Trik &Memilih SSD yang Tepat

Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah caching tulis diaktifkan di Device Manager. Untuk melakukan ini, klik kanan ‘Komputer’ dan pilih ‘Properti’. Pilih ‘Device manager’ dari panel kiri dan perluas ‘Disk drive’. Pilih solid state drive, klik kanan dan pilih ‘Properti. Pilih tab ‘Properti’ dan centang kotak bertanda ‘Aktifkan caching tulis’.

Menggunakan sebagian hard drive sebagai memori virtual dapat menyebabkan penulisan intensif ke disk untuk tujuan swap, yang dapat menurunkan kinerja SSD. Anda dapat mencapai beberapa dorongan kecepatan dengan memindahkan file swap ke disk yang berbeda, atau mematikannya sama sekali jika Anda memiliki RAM yang cukup diinstal.

Tweak memori virtual seperti ini menghasilkan hasil yang bervariasi tergantung pada jenis operasi yang perlu Anda lakukan.

Untuk memindahkan file, klik ‘Start’, klik kanan ‘Komputer’ dan pilih ‘Properti’. Pilih ‘Pengaturan sistem tingkat lanjut’, pilih tab ‘Tingkat Lanjut’ lalu klik ‘Pengaturan’ di bawah ‘Kinerja’. Pilih tab ‘Tingkat Lanjut’ dan klik ‘Ubah’ di bawah ‘Memori virtual’.

Kosongkan kotak bertanda ‘Secara otomatis kelola ukuran file paging untuk semua drive’. Pilih SSD dan pilih tombol radio di samping ‘No paging file’. Klik ‘Set’, lalu klik ‘OK’ di masing-masing dialog yang terbuka untuk menghapusnya.

Jika Anda memiliki drive lain yang tersedia, coba pindahkan file Windows sementara Anda ke dalamnya. Sekali lagi, ini mengurangi kebutuhan untuk menulis ke SSD selama operasi Windows rutin.

Pilih ‘Start’, lalu klik kanan ‘Komputer’ dan pilih ‘Properti’. Pilih ‘Pengaturan sistem tingkat lanjut’, pilih tab ‘Tingkat Lanjut’ dan klik ‘Variabel lingkungan’.

Anda akan melihat nilai yang tercantum untuk ‘temp’ dan ‘tmp’ untuk pengguna saat ini dan sistem. Pilih salah satu dari ini dan pilih ‘Edit’ untuk memindahkannya ke folder yang berbeda. Pastikan Anda memilih salah satu yang ada di drive yang berbeda.

READ :  Cara Membeli SSD yang Tepat: Panduan untuk 2021

Menonaktifkan pengindeksan pada SSD Anda dapat membantu mengurangi penulisan ke disk, tetapi pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk melakukannya. Pengindeksan dapat berdampak negatif pada kinerja drive Anda, tetapi juga dapat secara besar-besaran meningkatkan produktivitas Anda jika Anda memiliki banyak data pada drive dan Anda perlu menemukan sesuatu dengan cepat.

By admin