Solid State Driver dapat menawarkan kecepatan kilat bagi PC Anda untuk boot dan menjalankan aplikasi dibandingkan dengan Hard disk tradisional. SSD akan menjadi taruhan terbaik Anda jika Anda terganggu dengan jam pasir dan ikon sibuk di PC Anda ketika Anda mem-boot sistem atau menjalankan aplikasi tugas berat.

Dalam panduan ini, kita akan melihat alasan dan faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli SSD untuk komputer atau laptop Anda.

PuasMengapa Anda Harus Membeli SSD Baru? Apa yang Harus Dicari Dalam SSDKapasitas Disk SSDKinerja SSDKecepatan Transfer Acak Data SSDMemori Lampu Kilat SSDKetahanan SSD MTBF (Keandalan)Dukungan TRIM SSDKode Koreksi Kesalahan (ECC)Enkripsi SSDMerek SSD, Garansi &DukunganAntarmuka Perangkat Keras SSDFaktor Bentuk SSDPemikiran Kami: SSD Apa yang Harus Saya DapatkanMengapa Anda Harus Membeli SSD Baru?

SSD dapat mem-boot sistem Anda begitu cepat, kurang dari 10 detik untuk MAC, Linux, dan sedikit lebih tinggi untuk Windows. Ketika Anda beralih dari hard disk tradisional ke SSD, Anda dapat menghemat setidaknya 15 hingga 25 detik dalam waktu booting sistem.

Sebagian besar aplikasi Anda akan dimuat langsung dengan SSD dan file yang bergerak dan menghapus akan sangat mudah. Saya kira Anda sudah menetapkan pikiran Anda untuk beralih ke Solid State Drives sebelum mendarat ke artikel ini. Setelah Anda membeli, ada baiknya untuk merujuk Dos and Don’ts of SSD untuk Memaksimalkan Kinerja dan Meningkatkan Life.What to Look for In an SSD

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui untuk memilih drive yang tepat. Ada parameter tertentu yang Anda lihat relevan saat memilih SSD Anda dan beberapa dari mereka mungkin tidak memiliki peran penting dalam pilihan Anda, mari kita lihat hal-hal yang harus diketahui sebelum membeli Drive SSD.

Berikut ini adalah hal-hal utama yang harus dicari sebelum membeli SSD baru. Kapasitas Disk SSD

Ketika Anda membeli SSD untuk Laptop atau Desktop Anda, Anda dapat menyimpan SSD untuk OS dan Aplikasi dan HDD sekunder untuk data Anda dalam Konfigurasi Dual Drive. Anda tidak dapat pergi dengan ukuran yang lebih kecil jika Anda berencana untuk mengganti seluruh HDD Anda dengan SSD baru (Konfigurasi Drive Tunggal).

SSD dengan 250GB harus menjadi titik awal bagi komputer Anda untuk mengurus OS, Aplikasi, dan beberapa Data Anda. Ada trade-off antara ukuran dan harga SSD; Anda bisa mendapatkan 500GB Crucial MX200 SATA 2.5 Inch Internal Solid State Drive dari Amazon. Ada SSD yang datang dalam Terabyte jika Anda siap untuk membakar beberapa dolar tambahan. Kinerja SSD

READ :  9 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Menjalankan SSD di Windows 10

Produsen menentukan kinerja SSD yang terkait dengan Sequential Read, dan sequential write kecepatan yang biasanya naik hingga 500MB / s dalam membaca dan bit lebih rendah dalam menulis. Ada alat yang baik untuk memeriksa kinerja SSD Anda, dan Anda dapat memeriksa Kesehatan SSD dan Memantau Kinerja dengan alat-alat ini.

Proses Sequential Read Write berkinerja dengan blok data yang bersebelahan besar untuk mengukur kinerja SSD. Samsung Pro menawarkan Sequential Read hingga 550MB / s, dan Sequential Write hingga 520MB / s. Biasanya, sekitar 50% dari operasi baca-tulis akan berurutan untuk pengguna yang sebenarnya.

Sementara informasi di atas berlaku untuk SSD SATA, SSD M.2 tingkat lanjut dapat secara optimal mencapai throughput hingga 3,6GB / s. Ini menempatkan M.2 SSD keluar dari liga SATA SSDs.3. SSD Data Random Transfer Rate

SSD Random Write Speed dan Random Read Speed adalah tolok ukur lain untuk mengukur kinerja SSD. Random Read / Write Testing dilakukan dengan blok kecil di lokasi acak pada drive. Menulis acak berarti Anda membayar lebih banyak penalti untuk disk untuk mencari ruang kosong dan menulis. Tentu saja, proses ini akan lambat dibandingkan dengan penanganan Data Sekuensial.

Biasanya, sekitar 25% dari operasi baca-tulis akan acak untuk pengguna yang sebenarnya. Samsung Pro adalah salah satu SSD terbaik dari Amazon memberikan 550MP / s 550MP / s Sequential Read Speed di mana Random Read Speed turun ke 100K IOPS dan Random Write langkah-langkah kecepatan hingga 90K IOPS.4. Memori Lampu Kilat SSD

Solid state drive didasarkan pada memori flash dengan tingkat memori NAND yang berbeda. Tabel di bawah ini akan memberi kita tinjauan cepat tentang teknologi yang tersedia di pasar sekarang. TypeNameStorageSpeedLifespanExpensiveDurabilitySLCSingle Level Cell1-bit/NANDFast100K menulis/CellHighHigheMLCenterprise MLC2-bits/NANDMedium30K menulis/CellMediumMediumTLCTriple Level Cell3-bits/NANDLess3K menulis/CellMediumMediumMLCMulti Level Cell3-4 bit/NANDLess3K Writes/CellLessOptane3D XPoint Optane Persistent memoryN/AFastest1K Writes/CellMostMostMost

Dalam SSD ruang lingkup perbaikan belum matang, produsen membawa teknologi canggih dan teknik manufaktur yang efisien setiap hari untuk meningkatkan kehidupan dan kinerja drive mereka. Ketahanan SSD MTBF (Keandalan)

READ :  Tips SSD, Trik &Memilih SSD yang Tepat

Mean Time Between Failures (MTBF) adalah perkiraan produsen dari total jam berjalan produk yang dikirim dibagi dengan jumlah unit yang gagal. Long MTBF selalu merupakan indikasi yang berguna tetapi tidak ada jaminan bahwa produk dapat bertahan selama itu. Keandalan untuk SSDs jatuh dalam kisaran beberapa juta jam. Jika Anda tidak terbiasa men-tweak SSD Anda, silakan periksa Tools to Tweak-SSD dan Recover Performance Back on Your Laptop.6. Dukungan TRIM SSD

Dukungan TRIM membantu menjaga kinerja SSD tetap sama sepanjang waktu dengan membersihkan file yang dihapus. Proses melakukan pengumpulan sampah latar belakang ini mengurangi latensi dan meningkatkan kinerja drive. Sebagian besar Os Windows dan MAC modern, SSD TRIM akan mengurus OS itu sendiri. Tetapi SSD untuk OS lama seperti Windows XP, Anda harus membeli disk yang menyediakan fitur TRIM yang terpasang dengan SSD.7. Kode Koreksi Kesalahan (ECC)

Kode deteksi dan koreksi kesalahan digunakan dalam SSD untuk melindungi data dari korupsi. Jika Anda memiliki pilihan untuk memilih apa yang Anda inginkan tentang ECC, selalu pergi dengan SSD dengan ECC. Karena Kode Koreksi Kesalahan bukanlah hal yang wajib, SSD yang lebih murah biasanya tidak datang dengan satu. Anda dapat mencari beberapa SSD yang layak untuk mendapatkan fitur perlindungan data tersebut. Enkripsi SSD

Sebagian besar SSD menawarkan enkripsi tingkat AES dengan 256bit. Anda harus khawatir tentang hal ini jika Anda berencana untuk menggunakan SSD Anda untuk menulis data sensitif selain memuat Sistem Operasi.

Sebagian besar SSD sarat dengan metode enkripsi penuh waktu. Self Encrypting Drives (SED) adalah SSD yang memiliki enkripsi AES 128-bit atau 256-bit untuk melindungi informasi SSD Anda dari tindakan jahat apa pun. Di bawah ini adalah SSD Self Encripting Drive (SED) dari Samsung yang dapat Anda cari. Merek SSD, Garansi &Dukungan:

Karena ini masih merupakan teknologi bayi, SSD tidak 100% dapat diandalkan seperti HDD. Produsen terus berusaha meningkatkan perangkat keras dan firmware di SSD. Saat Anda memilih SSD Anda, ada baiknya membeli merek teknologi terbaru yang dikenal untuk umur yang lebih lama dan kinerja yang lebih baik. Kami mendaftarkan beberapa SSD berdasarkan pengalaman dan ulasan pengguna kami.

READ :  12 tips SSD untuk mengoptimalkan kinerja drive Anda

Jika Anda khawatir kehilangan data Anda, harap bijak ketika Anda berinvestasi dalam SSDs. Selalu dapatkan merek yang bagus, teknologi baru dan pergi melalui ulasan untuk memilih drive yang tepat. Juga, cari merek yang dapat diandalkan dengan perlindungan data garansi yang diperpanjang. Drive Intel Optane memiliki garansi minimum 5 tahun, meskipun mereka memiliki ruang penyimpanan terbatas. Antarmuka Perangkat Keras SSD

Hardware Interface adalah connecter pada SSD yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkannya ke OC atau laptop Anda. SSD akan hadir dengan antarmuka Serial ATA (SATA) atau antarmuka M.2. Kecepatan transfer dapat bervariasi pada versi SATA. Mari kita lihat secara mendalam jenis antarmuka perangkat keras SSD yang paling umum untuk memilih yang terbaik untuk PC Anda saat ini.

Berikut adalah tabel perbandingan terperinci antara antarmuka SSD SATA, M.2, dan mSATA. Tabel mencakup kecepatan transfer, penyesuaian slot, keandalan, dan banyak lagi. InterfaceSATA SSDM.2 SSDmSATA SSDSize2.5″22×30/42/60/80/110mm (WxL)N/ABest ForPC, LaptopLaptops, IoT DeviceNetbook, Laptop Ringan SlotSATANVMe /PCIe, SATA / mSATA (dengan adaptor) SATA, mSATAPractical Speed4.8Gb / s (600MB / s) 31,52 Gbps (3,94GB / s) 4,8Gb / s (600MB / s) Max. Kapasitas Penyimpanan8TB2TB1TBExpensiveLessHighMediumReliabilityLessHighMedium11. Faktor Bentuk SSD

Tidak perlu khawatir tentang faktor bentuk SSD jika Anda merencanakan SSD untuk desktop Anda. Untuk laptop Anda, Anda harus memeriksa ukuran slot yang tersedia (ini biasanya akan menjadi slot 9mm). Sebagian besar SSD datang dalam tebal 7mm, dan Anda dapat menempatkan SSD dengan cincin spacer jika Anda memiliki slot HDD tebal 9mm di laptop Anda.

Jika Anda berencana untuk membeli SSD mSATA untuk komputer Anda, tidak perlu khawatir tentang faktor bentuk karena ukurannya jauh lebih padat. Jenis SSD ini dapat muat tepat di dalam ruang SSD / HDD 2,5 inci yang lebih kecil dan normal.

Berbicara tentang SSD M.2, jika Anda mendapatkannya, pastikan motherboard komputer Anda memiliki cukup ruang yang tersisa di samping slot NVMe untuk menemani SSD baru. Meskipun masih lebih kecil dari dua lainnya, pastikan ada cukup ruang untuk SSD agar sesuai. Pemikiran Kami: SSD Apa yang Harus Saya Dapatkan

By admin